Ketua PMII Rembang : Pendidikan Masih Buruk

2 Mei

image
Photo : Ketua Umum PC PMII Rembang (Muhammad Widad)

Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) yang diperingati setiap 2 Mei merupakan hari bersejarah bagi perjalanan pendidikan di Indonesia. Pada peringatan kali ini tentu kita semua sedang berduka, karena pelaksanaan UN (Ujian Nasional) tahun ini mencacat sejah yang buruk bagi pendidikan di Indonesia. Pasalnya banyak masalah yang terjadi dalam proses pelaksanaan UN 2013.

Dari mulai keterlambatan logistik soal UN yang mengakibatkan mundurnya pelaksanaan yang tidak sesuai dengan jadwal, kecurangan jual beli soal, dan bocoran jawaban yang menjadi rahasia umum.

2 Mei ini harus menjadi moment penting untuk Pemerintah melakukan evaluasi. UN yang dinilai banyak menimbulkan kontroversial dan polemik ini harus segera diselesaikan dengan baik, termasuk merubah sistem atau kurikulum yang baik pula. Pemerintah harus bertanggungjawab atas pelaksanaan UN yang mendapat rapot merah itu.

Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas tentu dipengaruhi faktor yang kompleks. Jadi segala sesuatunya harus dipersiapkan. Mulai dari infrastruktur atau fasilitas harus sudah standard seperti yang diatur dalam perundang-undangan tentang pendidikan.

Unsur KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme) dan komersialisasi pendidikan harus ditindak tegas dan diberantas. Kualitas pendidikan tidak akan terwujud bila ada praktik KKN dan komersialisasi dalam dunia pendidikan. UN tahun ini kertas lembar jawaban tipis dan mudah robek serta mengakibatkan data pada lembar jawaban peserta UN tidak bisa terbaca oleh mesin koreksi. Hal ini membuktikan adanya unsur KKN dan komersialisasi pada anggaran lembar kertas jawaban. (Pimred)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: