Latar Belakang PC PMII Rembang Membagikan 1000 Eksemplar Tabloid Gratis

14 Apr

Photo : Tabloid Sophia yang dikelola Kader dan Anggota PC PMII Rembang

Jurnal Rembang, Pada awal Bulan Maret 2013 Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rembang membagikan Tabloid Sophia 1000 eksemplar kepada publik secara gratis. Tabloid Sophia adalah media cetak yang dikelola para kader dan anggota PC PMII Rembang untuk meningkatkan minat baca di Kabupaten Rembang.

Latar belakang munculnya Tabloid Sophia karena adanya penelitian yang dilakukan Ketua Umum PC PMII Rembang (Muhammad Widad) melalui data statistik baca dari blog http://www.jurnalrembang.wordpress.com

Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang mendeskripsikan hasil temuan bahwa minat baca di Rembang rendah. Itu terbukti dengan hasil share di 20 Grup media sosial yang beranggotakan 10.000 orang tidak membaca berita penting tentang Rembang. Setiap Bulan rata-rata hanya ada 150 pembaca. Survey ini dilakukan selama 13 Bulan.

Untuk itulah Ketua Umum PC PMII Rembang membuat terobosan dengan membuat Tabloid Sophia yang bertujuan meningkatkan minat baca dan mencerdaskan Bangsa dengan informasi.
Selain minat baca rendah, di Rembang saat ini tidak ada media cetak karya putra Daerah. Bagaimanapun peran media sangat membantu dalam hal kemajuan, baik dari transparansi, penyampaian informasi, wawasan, dan transformasi.

Walaupun di Tabloid Sophia ada tulisan harga Rp. 5.000,-. Tabloid Sophia untuk terbitan pertama tidak dijual, melainkan dibagikan di tempat umum sepeti Warung kopi, Perpus Umum, Sekolahan, Rumah Makan, dan tempat-tempat Umum yang ramai pengunjung. Diberi tulisan harga karena itu baru masa observasi pasar untuk mengetahui management keuangan dalam pengelolaan Tabloid harus dijual atau digratiskan. 1000 eksemplar Tabloid Sophia yang didistribusikan di tempat umum, kini sudah dibaca 10.000 orang pembaca.

Untuk membaca saja kesadaran masyarakat di Rembang masih rendah. Apalagi untuk membeli sebuah Tabloid. Itu jelas sesuatu yang tidak akan dilakukan. Dengan segala permasalahan atau kendala yang kompleks, berkaitan dengan penerbitan Tabloid Sophia yang terbit Bulanan. PMII Rembang berharap ada kerjasama dari eksternal Organisasi.

Walaupun program dalam bidang Jurnalistik yang dikonsep Ketua Umum PC PMII Rembang ini tergolong agak sulit. Namun dia tidak akan menyerah dan akan berusaha untuk mensukseskan minat baca di Rembang itu tinggi. Masyarakat yang minat bacanya rendah ini akan menjadi persoalan serius. Karena modal utama yang paling berhaga itu adalah pengetahuan yang didapat dari membaca.

Mengapa Rembang yang dalam keadaan kritis masyarakatnya relatif diam tidak melakukan tindakan? Itu karena kesadaran kualitas berfikir politiknya relatif masih rendah. Disitulah betapa pentingnya dari membaca yang akan memperoleh banyak manfaat.

Di Rembang ini harus ada dinamika keseimbangan implementasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Karena selama ini lebih condong pada pendalaman Agama saja, terlebih yang sifatnya hanya retorika. Saatnya semua lapisan masyarakat digerakkan para elite cendekiawan baik dari tokoh Agama, politik, NGO, pemuda atau mahasiswa, dan tokoh masyarakat untuk mengaplikasikan dalam sebuah langkah perubahan di Rembang. Ujar “Ketum PC PMII Rembang”.

Editor : Majid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: