Seminar Nasional : Pengaruh Partai Politik Terhada Partisipasi Masyarakat

11 Mar

Jurnal Rembang, Mengingat persoalan yang kompleks menjelang pelaksanaan PEMILU Legislatif 2014 mendatang, Civitas Academica dari Perguruan Tinggi STAI Al-Kamal Sarang Rembang mengadakan Seminar Nasional yang diselenggarakan di Kampus tersebut pada Hari Minggu 10/03/2013. Maksud dan tujuan Seminar ini adalah untuk menggugah partisipasi masyarakat agar turut serta dalam mensukseskan proses Demokrasi yang akan memilih perwakilan di lembaga Legislatif pada 2014 mendatang. Distrust and mistrus masyarakat yang apatis terhadap partai politik menjadi permasalahan yang harus ditindaklanjuti dengan upaya sosialisasi betapa pentingnya peran partai politik dalam mewujudkan perwakilan dalam pemerintahan.

DR. Imam Baihaqi, SH,MH. sebagai narasumber memberikan materi seminar tentang teori-teori esensi pada ideologi politik dan implementasi politik yang dijalankan Indonesia dan negara-negara lain. Sejarah politik dan ideologi politik di Indonesia harus sesuai dengan dasar negara “Pancasila” dan konstitusi “UUD 45” sebagai hukum dasar Indonesia. Faham kapitalis, Komunis / sosialis, liberalis tidak tepat untuk negara ini “tegasnya”. Baehaqi juga menekankan peran aktif Mahasiswa agar turut meningkatkan partisipasi masyarakat yang apatis. Mahasiswa itu harus jadi pelopor perubahan.

Narasumber yang ke-2 dari anggota KPU Kudus M. Sugihariyadi dalam menyampaikan materi seminar, dia menjelaskan variabel politik piagam Madinah sebagai manifestasi politik heterogen dan itu adalah manifestasi yang bisa merangkul dari kebersamaan. Sugihariyadi juga menekankan masyarakat jangan antipati terhadap partai politik, karena partai politik itu penting untuk mewujudkan pemerintahan yang diamanatkan oleh UUD 45 untuk berserikat, berkumpul itu adalah kebebasan yang dijamin konstitusi. Partai politik adalah wujud dari perkumpulan dalam organisasi dalam pencapaian kepentingan nasional.
Kedua Narasumber inipun tampak akrab karena mereka dulunya alumni PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Suasana lebih hangat lagi karena banyak kader PMII Rembang yang aktif dalam mengikuti diskusi sesi tanya jawab dan dialog. (Widad)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: