Kepala Basarnas Serahkan Black Box Kepada Ketua KNKT

17 Mei

Image

Jakarta — Salah satu benda yang sangat dicari dalam kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 yakni black box. Meskipun sebenarnya black box berwarna oranye, namun black box Sukhoi SJ 100 yang ditemukan Tim SAR gabungan berwarna hitam karena kondisinya terbakar.  Black box yang ditemukan tersebut adalah CVR (Cockpit Voice Recorder). Alat tersebut bisa menampilkan percakapan dalam kokpit pesawat sehingga diharapkan dapat mengungkap penyebab kecelakaan pesawat buatan Rusia tersebut.  Hari ini, Rabu (16/5/12) VCR tersebut sudah diserahterimakan dari Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Daryatmo kepada Ketua KNKT Tatang Kurniadi. Serah terima tersebut dilaksanakan di Posko Utama Cijeruk dan disaksikan oleh Tim SAR dari Rusia.

“Tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB sudah dilaksanakan serah terima CVR (Cockpit Voice Recorder) kepada saya, selaku Kepala Basarnas, dari Tim SAR di lapangan, kemudian saya serahkan kepada Ketua KNKT,” jelas Kabasarnas dalam konfereni pers di Halim.

CVR tersebut telah dibawa ke laboratorium KNKT untuk diteliti lebih lanjut. Masih ada satu lagi black box yang dicari yakni FDR (Flight Data Recorder). Kabasarnas berharap FDR tersebut dapat segera ditemukan. Diperkirakan alat tersebut tidak jauh dari tempat penemuan CVR dan ELT (Emergency Locator Transmitter), serta beberapa peralatan komunikasi yang telah ditemukan sebelumnya.

Hingga hari ini, terang Kabasarnas, Tim SAR gabungan telah mengevakuasi 30 kantong jenazah ke Lanud Halim Perdanakusuma. Masih ada 9 (sembilan) kantong jenazah lagi yang belum dievakuasi ke Halim, yakni lima kantong sudah di helipad (atas) dan empat kantong lagi masih berada di bawah (lokasi,jurang). Namun apabila cuaca memungkinkan kesembilan kantong jenazah tersebut diharapkan dapat segera dievakuasi ke Jakarta supaya bisa segera diidentifikasi. Dengan demikian hingga saat ini sudah terkumpul 39 kantong jenazah yang telah ditemukan oleh Tim SAR gabungan.

Kabasarnas juga menegaskan bahwa operasi SAR masih berlangsung dan terus dilanjutkan hingga waktu yang ditentukan kemudian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: