RI Waspada Sapi Gila Asal AS

27 Apr

Image

Jakarta – Seiring dengan ditemukannya penyakit sapi gila yang terjadi di Amerika Serikat, Pemerintah Indonesia menegaskan akan melarang impor daging sapi maupun sapi hidup yang berasal dari Amerika.

“Sedang dibahas, mereka hari ini langsung membahas, adanya informasi tentang sapi tersebut, tadi dibahas, saya mengatakan, bahwa coba segera di respons, karena kita punya aturan untuk country yang ada penyakitnya, kita punya aturan, untuk melarang memasukkan sapi-sapi yang terkena seperti itu,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa usai rakor pangan di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Rabu sore (25/4/2012).

Menurut Menko Perekonomian, penanganan mengenai impor sapi ini akan diserahkan kepada sebuah tim guna menjaga agar sapi-sapi berpenyakit itu jangan sampai masuk ke Indonesia. “Timnya kan sudah ada, tim silahkan nanti melaporkan,” ujarnya.

Sementara Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan pemerintah segera melakukan koordinasi terkait temuan  penyakit sapi gila di Amerika. “Malam ini Dirjen pertenakan akan bertemu dengan otoritas pertanian Amerika dan pihak terkait untuk mengetahui secara pasti masalah tersebut dan seberapa serius,” ujarnya.

Ia menegaskan, jika masalah ini telah jelas, pemerintah RI akan mengeluarkan peraturan terkait dengan impor daging sapi yang berasal dari Amerika.“Kita akan keluarkan kebijakan, dalam waktu maksimal 24 jam. Kita akan menyetop jika membahayakan keamanan negeri,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa penyakit sapi gila menyerang peternakan sapi perah di California Amerika Serikat awal pekan ini. Hewan berpenyakit itu diantaranya ditemukan di peternakan milik Baker Commodities di kawasan Hanford.

Departemen Pertanian Amerika Serikat melaporkan bahwa ini adalah kasus bovine spongiform encephalopathy (BSE) keempat di Amerika Serikat.Disebutkan bahwa kabar ini merusak seluruh produk daging dalam rantai pasokan makanan.

Pasar utama sapi asal Amerika adalah Meksiko, Kanada, Korea Selatan dan Jepang. Diperkirakan terdapat 90,8 juta ekor sapi, dimana sebagian besar berada di negara bagian yang luas seperti Texas, Nebraska, Kansas dan California. Sekitar 40 ribu ekor ternak diperiksa departemen pertanian setiap tahun. Indonesia sendiri melakukan impor sapi dari negeri Paman Sam itu sekitar 20 persen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: