Kemdikbud Akan Luncurkan Program Warisan Nasional

27 Apr

Image

Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera akan meluncurkan program Warisan Nasional. Program ini sebagai upaya pencatatan warisan budaya nasional secara akurat dan menyeluruh, sebelum dicatatkan ke Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO)  sebagai warisan dunia. Pencatatan ini juga akan menjadi cerminan kondisi riil warisan budaya Indonesia.  Warisan yang dicatatkan adalah warisan benda dan tak benda.

“Candi, keris, angklung, tenun, tari-tarian, harus dicatatkan dalam warisan nasional,” kata Direktur Internalisasi dan Diplomasi Budaya, Kemdikbud, Etty Indriati, saat mendampingi Wamendikbud bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, di Gedung Kemdikbud, Rabu (25/04). Rencananya, Kemdikbud akan membuat daftar lebih dari dua ribu warisan budaya yang ada di Indonesia. Baik yang sudah diaplikasikan ke UNESCO maupun belum.

Pencatatan warisan budaya ini akan dilakukan pada individu atau komunitas yang didaftarkan secara daring (online). Warisan budaya diperoleh dari lintas turun-temurun, oleh karena itu, dari berbagai warisan budaya yang didaftarkan, akan dinilai oleh dewan pakar apakah warisan budaya yang diusulkan itu melanggar hukum dan UUD 45 atau tidak. Yang termasuk dalam dewan pakar adalah seniman, akademisi, tokoh masyarakat, budayawan, wartawan, dan semua yang memiliki kepakaran dalam analisis budaya.

Budaya yang masuk warisan nasional akan ditetapkan dalam peraturan menteri. Etty menjelaskan, pentingnya program warisan budaya nasional selain sebagai rekam budaya, juga menjadi ketentuan dari UNESCO, bahwa jika ingin mendaftarkan sebuah budaya menjadi warisan dunia, harus diakui dulu di dalam negeri sendiri.

Dengan adanya pengakuan dari negara tentang warisan nusantara, akan memberi semangat bagi masyarakat untuk melestarikannya. Pelestarian budaya merupakan penguatan jati diri bangsa, dan ketahanan nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: