Pengaduan Jelang UN Tahun 2012 Menurun

16 Apr

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan hingga tadi malam (15/04), laporan pengaduan kecurangan menjelang ujian nasional (UN) tidak banyak. Baik melalui call center, e-mail, sms, pengaduan isu kebocoran tidak lebih dari dua puluh laporan.

“Sampai tadi malam, belum ada isu bocoran, dan jumlah aduan sangat menurun dibandingkan tahun lalu,” ujar Mendikbud usai meninjau pembagian soal UN di rayon Jakarta Utara di SMA Negeri 13 Tanjung Priuk pagi ini, Senin (16/04).

Untuk kasus dugaan kecurangan yang dilakukan pihak sekolah di Lubuk Linggau, yang memperbolehkan peserta UN membawa telepon genggam ke ruang ujian, Menteri Nuh menyampaikan, kementerian telah menurunkan tim untuk verifikasi lapangan. Sebelum tim diturunkan, pihaknya telah mencoba menghubungi nomor telepon yang dianggap akan menyebarluaskan kunci jawaban itu, namun hasilnya nihil. Nomor tersebut tidak dapat dihubungi, dan saat dikirimi pesan singkat juga tidak ada respon. “Meski tidak ada respon, kami tetap turunkan tim untuk verifikasi dan antisipasi,” tuturnya.

Mendikbud juga menegaskan, standar pengamanan UN diberlakukan sama baik di daerah maupun di kota. Pengawas independen dan perguruan tinggi juga ikut mengawasi UN. “Semua diperlakukan dengan cara yang sama,” tegas Mendikbud.

Antisipasi kecurangan selama UN berlangsung juga dilakukan dengan melarang peserta membawa alat komunikasi ke dalam ruangan, disamping ada lima macam soal yang diberikan di setiap ruangan. Jadi setiap siswa tidak mengetahui tipe soal mana yang sedang mereka kerjakan dari kelima tipe soal tersebut. “Kami menegaskan betul kepada pengawas, agar hanya alat tulis saja yang boleh ikut masuk ke ruang ujian. Tanda pengenalpun harus ditaruh di luar,” ujarnya. Dengan berbagai antisipasi yang telah dilakukan, Mendikbud yakin UN tahun ini lebih bersih dari kecurangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: