Hari Perempuan Internasional

8 Mar

International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh tepat hari ini 8 Maret, merupakan hari yang sangat bersejarah bagi para perempuan di seluruh dunia. Hari ini merupakan sebuah peringatan bahwa gender perempuan dengan laki-laki setara, baik dalam bidang sosial, politik dan juga budaya.

Menurut sejarah perayaan ini memperingati kebakaran pabrik di New York pada 1911yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8Maret 1857 di New York City. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah.

Semoga kaum wanita di seluruh dunia semakin sejahtera dan mendapat hak-haknya secara adil. Selamat Hari Perempuan Sedunia 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: